Blog Mesin Jahit Pertama di Indonesia


Perkenalkan, saya Rudi, mantan service engineer Singer Indonesia, mempunyai pengalaman dan keahlian dalam memperbaiki dan memberikan training mesin Singer.

Saya menjual mesin jahit, mesin obras dan mesin bordir komputer portabel merk Singer dan Messina.

Saya menerima service mesin jahit, mesin obras dan mesin bordir komputer portabel dari berbagai merk dan tipe. Elektrik, digital dan komputer.

Selama saya bekerja di bidang ini saya telah memperbaiki berbagai mesin, hampir sekitar 400 mesin telah saya perbaiki dari berbagai merk dan tipe.


Terima kasih kepada yang telah berkunjung ke blog saya dan membaca postingnya serta memberikan komentarnya.

Terima kasih sebesar - besarnya dan hormat saya kepada yang telah membeli mesin dari saya.

Blog Mesin Jahitku sejak mei 2007.


Service: Repair With Solution
Training: Make You More Understand About Sewing Machine
Sale: Good In Service, Training, Price And Bonus


Pertolongan pertama pada kerusakan mesin jahit

Troubleshooting mesin jahit.
Dalam posting ini kami dengan senang hati hendak menjelaskan bagaimana menangani kerusakan atau masalah pada mesin jahit yang dapat dilakukan oleh pengguna mesin jahit.
Tentunya masalah ringan atau umum saja yang kami tuliskan dalam posting ini.
Semoga dengan posting ini para pengguna mesin jahit menjadi terbantu dan menjadi nilai lebih bagi blog kami. 

1. Penyebab hasil jahitan loncat/skip
- salah menggunakan jarum
- jarum bengkok atau tumpul
- jarum terlalu kecil ukurannya
- tension benang atas terlalu kencang
- pemasangan jarum tidak benar
- jarum dan benang atas tidak cocok
- pemasangan benang atas tidak benar
- tekanan sepatu ke bahan atau kain kendor

2. Penyebab benang atas mudah putus
- kualitas benang tidak bagus
- tension benang atas terlalu kencang 
- pemasangan benang atas tidak benar
- benang atas tersangkut di suatu bagian mesin jahit
- jarum bengkok atau tumpul
- salah ukuran jarum
- pemasangan jarum tidak benar
- jarum dan benang atas tidak cocok
- saat mulai menjahit terlalu cepat

3. Penyebab jarum mudah patah
- pemasangan jarum tidak tepat
- jarum membentur sepatu atau needle plate atau bobbin case karena pemasangan sepatu atau needle plate atau bobbin case yang tidak tepat
- bahan atau kain yang dijahit terlalu tebal sedangkan ukuran jarumnya terlalu kecil
- bahan atau kain ditarik ketika menjahit

4. Penyebab benang bobbin mudah putus
- pemasangan bobbin yang berisi benang pada bobbin case tidak benar
- bobbin case kotor
- putaran bobbin dalam bobbin case tidak halus
- menggulung benang bawah pada bobbin tidak benar

5. Penyebab kain atau bahan mengkerut
- langkah jahitan yang dipilih terlalu panjang
- jarum tumpul
- pemilihan atau pengaturan tension benang atas tidak tepat
- tekanan sepatu ke bahan atau kain kendor
- kain terlalu tipis atau lembut
- benang atas dan benang bawah ukuran dan jenisnya berbeda

6. Penyebab kain tidak berjalan ketika dijahit
- langkah jahitan berada pada posisi 0
- benang tersangkut di bawah kain
- feed dog berada pada posisi ke bawah atau di dalam needle plate
- tekanan sepatu ke bahan atau kain terlalu kendor


*Untuk menghubungi mesin jahitku: (021)28919748 dan 081219529005.

69 comments:

  1. hi...salam kenal
    mau tanya nih
    kalo benang atas dan bawah tdk saling kait dgn baik, jadi salah satu sisinya kelihatan seperti titik2 benang dari sebelahnya...jahitan tdk kuat krn benang di salah satu sisi mudah ditarik keluar krn tdk saling kait dgn baik.

    ReplyDelete
  2. @siska: masalah ini terjadi kemungkinan karena setelan kekencangan benang atas dan benang bawah belum tepat. Coba pasang kembali benang atas dan benang bawah secara tepat lalu atur kekencangannya. Thanks yah atas komentarnya.

    ReplyDelete
  3. saya pake mesin bordir singer futura ce-250.dari baru sampai sekarang penggunaaanny tidak optimal.benang mudah putus. kenapa ya?
    thanks

    ReplyDelete
  4. salam kenal..
    mau tanya,saya menggunakan singer yg 974,knp ya kok benang bawahnya menggumpal dan tdk mau jalan,bagaimana cara pemasangan benang atas yg benar ( agak lupa karna sudah fakum 3thn..trimakasih

    ReplyDelete
  5. mohon bantuannya, saya memakai mesin jahit singer 8280 ketika sedang menjahit lalu berhenti dahulu, saat akan diteruskan menjahit hasil jahitan langsung menggumpal di sekoci. tq

    ReplyDelete
  6. @ana: barangkali waktu membeli mesinnya ibu ana tidak mendapat trainingnya yah? Atau orang yang memberi training pada ibu tidak menguasai atau tidak paham benar dengan mesin tersebut. Saya telah menjual mesin ini sebanyak hampir 18 unit dan selama ini tidak pernah mendapatkan masalah karena saya ahli dalam mesin ini dan berpengalaman dalam memberikan training sejak saya menjabat sebagai service engineer pt singer indonesia. Bonus yang sangat menarik pun saya berikan untuk setiap pembelian mesin ini, kalo dihitung - hitung, bonus tersebut senilai rp 6 juta. Ibu ana hanya belum bisa cara men-setting benang atas dan benang bawah secara benar. Jika cara setting benang atas dan benang bawah saja belum bisa, apalagi lebih jauh atau mendalam tentang membordir dengan singer futura ce250. Banyak toko memberikan harga murah tapi sebenarnya servicenya tidak bagus dan trainingnya minim tapi pembeli hanya tahu harga murah dan mengira service dan trainingnya bagus, padahal buruk.

    @974: bisa jadi karena pemasangan benang atas dan bawah tidak benar sesuai pengakuan anda "anda lupa cara memasang benangnya". Lihat kembali bukunya. Kalo bukunya hilang, dapat membeli yang dalam format pdf. Atau minta yang ahli dalam mesin jahit tersebut untuk memberikan training pada anda, bisa hubungi saya di mesin jahitku.

    @atty: sudah saya balas lewat email.


    Terima kasih semua atas komentarnya.

    ReplyDelete
  7. mesin jahitku,,mau tanya penanggulangan dari Penyebab kain atau bahan mengkerut diatas.

    Mohon bantuannya,,

    terimakasih ^^
    salam...

    ReplyDelete
  8. salam kenal..
    mau tanya, saya menggunakan mesin jahit klasik,tapi saat ini saya tidak bisa menggunakannya karena jarumnya membentur bagian rumah skoci,kadang jarumnya lari ke samping skoci jadinya kl g jarumnya bengkok, ya patah,walhasil saya g bisa menjahit sampai saat ini,..mohon bantuannya..Thx. salam

    ReplyDelete
  9. @anonymous: tentang bahan yang mengkerut ketika dijahit, saya sudah cukup jelaskan di atas. Jika ibu kurang jelas, sepertinya ibu perlu ditraining. Maaf sekali, saat ini saya lebih sreg menjelaskan secara mendetail kepada kustomer saya.

    @anonymous: menurut saya, mesin jahit klasik anda perlu disetting kembali "timing" nya.

    Terima kasih.

    ReplyDelete
  10. kk...
    Benangnya kusut di jahitan bagian bawah...
    Gmn tuh kk??

    ReplyDelete
  11. @anonymous: jika serius bertanya, sebaiknya menggunakan identitas yang jelas, saya kira anda hanya bermain - main saja dalam bertanya dan saya setengah hati menjawabnya: "mungkin karna cara anda memasang benang atas dan benang bawah belum tepat"

    ReplyDelete
  12. bisa bantu saya bagai mana memasang sekoci pada singer 974, sekoci lama sompelak pingirnya dan beli yg baru, saya sudah jelaskan waktu membelinya, tapi sekoci yang baru seperti tidak pas, serat waktu di putar (mentok).
    saya membeli mesin jahit ini bekas teman saya, dan dia juga tidak tahu cara kerjanya. terikasih atas bantuanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa bantu saya bagai mana memesan sekoci pada singer 974, sekoci lama sompelak pingirnya tapi dikota saya tidak ada yg jual, terikasih atas bantuanya.

      Delete
  13. Kk knp mesin jahit sya selalu lompat2 ketika sayang sedang menjahit

    ReplyDelete
  14. met siang pak, saya Bu Win, punya mesin overdeck YAMATA kalau dipakai sering benangnya loncat. Ini apa penyebabnya? Dan bagaimana cara mengatsainya. terima kasih

    ReplyDelete
  15. mba penyakit pada mesin jahit saya, kadang benang jahitan bagian atas tidak tersimpul kuat, kadang benang jahitan bagian bawah, bgmn mengatasinya.

    ReplyDelete
  16. mesin jahitku, boleh minta alamatnya..? Rumah saya di tangerang-sangiang. mesin jahit saya singer simple, pemberian orang, biasanya baik2 saja. Tapi kemarin putarannya ga mau muter. Putaran yang dipegang tangan kanan itu, yang di sebelah atas on/off. Jarum juga ga patah kok. Saya bingung jadinya. Kalau saya paksakan untuk mutar, takut patah. Saya coba buka casing mesinnya.. Tapi ga berhasil.
    Mungkin saya perlu bawa ke sana ya untuk di service..?
    Trms jawabannya. 085716473297/lidaparwoto@yahoo.com

    ReplyDelete
  17. Kalo menjahit pakai benang jahit bagus jahitannya tapi kalo jahit pake benang karet gak nyangkut , Gimana Caranya Agar bisa benang karetnya nyangkut. Terimakasih.

    ReplyDelete
  18. mau tanya nih. mesin jahit saya waktu dipakai kainnya kan gak mau jalan. ternyata feed dognya berada pada posisi ke bawah atau di dalam needle plate seperti yang disebutkan diatas. lalu cara memperbaiki feed dognya itu bagaimana? terima kasih. ^_^.

    ReplyDelete
  19. mau tanya nih...gmn caranya nyetel mesin obras biar rapi dan benangnya gak patah2, soalnya kadang tiap brp cm gt benang suka patah tp nyambung lg kalo diterusin ngobras nya.sy udah putar puter setelan nya yg bt naruh benang tp tetep ada patah2 benangya...efek nya apa jika pemasangan jarum di mesin obras itu terlalu naik atau terlalu turun..? di tunggu jawabannya...trimakasih

    ReplyDelete
  20. Mau tanya Om,aku ada mesin jahit singer 974 punya nenek,mau pakai tapi ga tau caranya,ada buku manual nya gak Om?kalo ada berapa duit?

    ReplyDelete
  21. Bunda henny: untuk minta gambar cara masang sekoci singer 974, silakan email ke: mesin.jahitku@gmail.com

    bu andi senawati: terima kasih sudah beli sekoci dari saya

    anonymous (jahitannya loncat): salah setting mesin jahitnya, timingnya sudah bergeser (hanya teknisi mesin jahit yang bisa memperbaikinya), salah pasang jarum, coba cara yang satu ini - yaitu saat memasang jarum - jarumnya diturunkan 2mm, dll

    anonymous (overdeck yamata) : jika mesinnya baru - salah dalam setting awal mesin, jika mesinnya lama - mesti disetting ulang, timingnya berubah (hanya teknisi mesin jahit yang dapat memperbaikinya), dll

    ummu arin: bisa jadi ibu masih belum paham cara memasang benang atas dan benang bawah, ibu belum paham cara setting awal mesin jahit, dll.

    bu lidia: saya di serpong, seharusnya kalo mau cepat, langsung telpon saya saja

    Joko purwanto: saat ini pak joko pasang benang karetnya sebagai benang atas atau benang bawah?, mesti disetting pak, dll

    siti lujah: cari lever atau tuas untuk menaikkan feed dog nya pada mesin jahitnya lalu geser lever atau tuas tersebut

    anonymous (obras) : perhatikan ada sesuatu yang menyebabkan benang putus kah di mesin - biasanya ada bagian yang tajam - bagian yang tersangkut, pasang benang mesti betul dan setting tension mesti betul juga, jika pemasangan jarum diubah - ubah maka hasil jahitan obrasnya juga bisa berubah atau hasilnya buruk, dll

    riyadi: kalo gak ada bukunya, bisa undang saya untuk datang untuk memberikan training.

    Kalo menurut saya, kerusakan mesin bapak dan ibu disebabkan bapak dan ibu tidak mendapat training yang betul dari penjualnya. kebanyakan karna salah pasang benang, salah pasang jarum, tidak tahu setting awal mesin sebelum digunakan.

    terima kasih.

    ReplyDelete
  22. mesin jahit aku yg tombol backtrack nya itu rusak, gimana ya?

    ReplyDelete
  23. Mau tanya Pak, kenapa benang di bawah gak mau nyangkut dengan benang yg ada di jarum atas, sehingga hasilnya ketika dijahit cm titk2 bekas jarum Dan kain tdk saling terkait. Terimakasih

    ReplyDelete
  24. maaf mau tanya, saya baru beli mesin jahit portable merk janome lr 1122 dalam kondisi baru. tapi ketika coba dipakai jahit kain tidak bisa jalan. kira-kira apa yang harus di setel ya? soalnya saya gak mengerti masalah mesin jahit ini.

    ReplyDelete
  25. @anonymous (backtrack): sebelumnya, mesin jahitnya merk apa? dan tipe nya apa? yang ibu/bapak maksud dengan backtrack apa?

    @rere: karena pertemuan pembawa benang atas dan benang bawah sudah tidak serasi. mesti diperbaiki oleh teknisi mesin jahit. tapi coba langkah ini: coba kembali pasang jarumnya tapi jarumnya diturunkan sedikit sekitar 2 atau 3 mm, lalu coba jahit, tapi mencoba menjahitnya jangan dengan menginjak pedal, tapi dengan cara memutar handwheel nya dengan tangan kanan beberapa kali putaran, jika diputar dengan tangan beberapa kali putaran sudah ok, barulah menjahitnya dengan menginjak pedal nya.

    @anonymous (lr 1122): maaf, walaupun mesinnya tidak beli dari saya, saya tetap berusaha menjawabnya. jawaban secara umumnya adalah: (1) mungkin langkah jahitannya ada di nol, coba set ke angka 2 atau 3 (2) mungkin feed dog nya berada di posisi di dalam atau di bawah needle plate, gerakan atau geser tuas untuk menaikkan feed dog sehingga feed dog ke posisi atas.

    semoga menjadi amal baik bagi saya

    ReplyDelete
  26. saya mau tanya gimana caranya benang atas dan bawah tidak nyambung merk juki DDL 5530 trima kasih

    ReplyDelete
  27. @anonymous (juki ddl 5530): setahu saya itu mesin jahit high speed. Kerusakan ringan/umum: salah pasang jarum. Kerusakan medium: (1) timing nya berubah, (2) part penyusun timing ada yang keropos/patah/rusak.

    Kerusakan medium hanya bisa diperbaiki oleh teknisi mesin jahit.

    ReplyDelete
  28. bagai mana cara awal ingin membordir pakai mesin manual?sudah ikuti cara panduan di buku tapi benangnya ga ketarik ke atas kain...merk mesin yamato
    trims
    dari bunda TYA Aly
    mohon balas Mutiaraku1@yahoo.co.id

    ReplyDelete
  29. @bunda: sayang ibu tidak menyebutkan tipe dari mesin jahitnya.

    1) gunakan sepatu bordir manual, dengan menggunakan sepatu ini membordir manual akan lebih terbantu atau mudah.

    2) gunakan pembidangan atau hoop, pasang kain pada pembidangan ini.

    3) untuk pemula atau latihan atau belajar gunakan kain yang setebal kain drill, 1 lapis kain saja, kain bekas boleh dipakai.

    4) gunakan jahitan jenis "jahit lurus", jenis jahitan "jahit zig zag" juga boleh dipakai.

    Setahu saya yang terdapat di buku itu adalah cara membordir manual bagi yang sudah mahir.

    Demikian penjelasan dari saya berdasarkan pengalaman dan sepengetahuan saya.

    ReplyDelete
  30. permisi admin, saya kan baru beli mesin jahit portable. yang pakai 1 jarum. nah, ternyata jahitannya gampang ke-skip.. bagaimana menanggulanginya ya?

    ReplyDelete
  31. mas, mau tanya nih
    mesin jahit singer kl hasil jahtan nya *mbrudul*/bnang atas y kayak nyangkut bag bwah ya itu knp ya
    pdhal stelan bnang atas y dah smp pol.

    ReplyDelete
  32. mas, mau tanya nih
    mesin jahit singer kalu waktu d pakai hasil jahitan nya *mbrudul*/bnang atas nya kayak nyangkut bag bwah ya itu knp ya mas?
    Pdahal stelan bnang atas y dah smp pol.

    ReplyDelete
  33. @iffa: bisa salah pasang jarum, bisa salah pasang benang atas dan benang bawah, bisa kerusakan fabrikasi atau kerusakan dari pabrik pembuatnya. jika kerusakan fabrikasi, harus diperbaiki dulu. jika cacat fabrikasi, part yang cacat harus diganti. ini biasa terjadi kalo kita beli mesin jahit lebih mengutamakan harga yang murah. namanya juga harga murah.


    @prijo: bisa karna salah pasang benang bawah dan benang atas. bisa karna tensionnya sudah lari dari ukuran normalnya atau mekanik tensionnya berubah.

    terima kasih atas kunjungannya.

    ReplyDelete
  34. Sy punya mesin jahit portale mini. Kmrn sepatunya longgar shingga jarum menabrak sepatu. Setelah sy kencangkan sepatunya dan jarum tidak lagi menabrak, jahitan menjadi tidak nyambung (kain tdk terjahit, hanya ada bekas bolongan jarum). Tp jika sy kaitkan benang sekoci dengan jarum bisa nyangkut kok. Apa yg salah ya? Mohon infonya. Terimakasih.

    ReplyDelete
  35. mesin jahit manual singer saya sering macet, pas kalau macet terlihat sekocinya dudukannya bergeser. ini masalahnya kenapa?

    ReplyDelete
  36. salam kenal, saya pengguna mesin jahit portable buterfly kenapa ya mesin jahit saya bunyinya keras sekali seperti mesin jahit yang keluaran lama,padahal kemaren2 gak bunyi keras saat menjahit..thks mohon bantuanya

    ReplyDelete
  37. @mesin jahit mini: bisa jadi timing nya berubah atau bergeser, jika kerusakannya seperti ini, hanya teknisi mesin jahit yang dapat memperbaikinya.

    @sugeng widodo: seharusnya macetnya diperbaiki terlebih dahulu. Semestinya jika macet, ya macet terus. jika digunakan kadang macet, kadang tidak macet, kemungkinan saat menggunakannya tidak benar, mesin jadi macet. Setahu saya, dudukannya sekoci tidak bisa bergeser karena ada penguncinya. Maaf, mungkin di sini bapak salah menuliskannya tentang dudukan sekoci. Coba saja terlebih dahulu ganti dudukannya, sekocinya dan spulnya. Bersihkan mesinnya dan berikan minyak mesin.

    @mesin jahit buterfly: seharusnya ibu ingat - ingat terakhir pakai mesinnya sebelum berisik, ibu gunakan mesinnya bagaimana, apa ada kesalahan dalam penggunaannya sewaktu terakhir sebelum berisik? Apa ibu lama tidak menggunakan mesinnya lalu ketika ibu gunakan mesinnya tiba - tiba suaranya menjadi berisik? Apa mesin jahit ibu sebagian besar terbuat dari logam? ciri - cirinya mesin jahitnya berat, beratnya melebihi sekitar 10 kg. Jika mesin ibu hampir seluruh bagiannya terbuat dari logam, memang harus rajin dibersihkan dan diberikan minyak secara berkala.

    Semoga tulisan saya jelas bagi bapak dan ibu.

    Kunjungi website premium saya: www.ilmumesinjahit.com

    Thanks God
    Thanks visitor

    ReplyDelete
  38. MURNIAKBAR,MEDAN
    SAYA MAU TANYA MAS TOLONG DI JAWAB YA SAYA PUNYA MESIN JAHIT OBRAS MERK SWAN GNI-1 KETIKA DI GUNAKAN BENANG TIDAK LENGKET DI KAIN SEBAGAI MANA MESTINYA MESIN YG BAGUS/KETIKA MESIN DIJALANKAN BENANG YG TELAH SAYA PASANG PUTUS LAGI APA YG RUSAK YA ?

    ReplyDelete
  39. @murni: ibu, mesin ibu itu baru atau sudah lama? saya jadi bingung menjawabnya. atau mungkin beli bekas? jika beli bekas, baru digunakan atau sudah lama digunakan?

    jika baru:
    1) mungkin salah pasang jarum
    2) mungkin salah pasang benang
    3) mungkin salah setting tension
    4) mungkin benangnya ada yang tersangkut di bagian mesin
    5) dll


    jika lama:
    1) bisa jadi sudah waktunya di maintenence dan di service

    di blog ini saya hanya bisa menerangkan masalah "umum" saja dari mesin jahit, mesin obras dan mesin bordir.

    kunjungi blog mesin jahit saya, khusus ilmu dan pengetahuan mesin jahit:
    www.ahlimesinjahit.blogspot.com

    author: rudi mesin jahitku

    ReplyDelete
  40. salam kenal. .mesin jahit saya singer 974..sekarang ga bisa pelan, bisanya ngebut terus. mohon bantuannya.. maksih

    ReplyDelete
  41. @anonymous: saat ini motor atau dinamo mesin jahit ibu itu, menggunakan dinamo elektrik atau dinamo elektronik? lalu sudah berapa lama usia pemakaian dinamo ibu? dinamo elektrik itu adalah dinamo yang biasa dipakai pada mesin jahit hitam dan warna dinamonya itu juga hitam. dinamo elektronik itu biasanya di pedalnya atau injakannya tertulis "electronic". kalo dinamo ibu usia pemakainnya sudah lama, sebaiknya diganti saja dengan yang baru.

    saya tidak boleh mengajarkan bagaimana cara meng -adjust atau memperbaikinya yang bisa dicoba terlebih dahulu kepada ibu.

    karena ini adalah masalah listrik dan tegangannya adalah 220vac, jika terjadi kesalahan bisa mengakibatkan kecelakaan pada ibu.

    salam,
    rudi mesin jahitku

    berkenanlah untuk mengunjungi blog mesin jahit saya tentang ilmu dan pengetahuan mesin jahit:

    www.ahlimesinjahit.blogspot.com



    ReplyDelete
  42. Salam kenal . Sy pny mesin jahit buterfly jh8530a. Wktu prtama beli posisi jarum pas berada ditengah..bs buat pasang reseleting jepang.tp sekrg kok posisi jarum malah jd kesampinv kanan yah....jd klo mo pasang reselting jepang tidak bs masuk kelobang..krna jarum nya udh bergeser. Sy baru beli 2bulanan. Knp yah pak ??? Thx. Tolg replay email capellaarizanja@ymail.com terimaksh bnyak.

    ReplyDelete
  43. @capella: dear ibu,
    walaupun ibu beli mesin jahit bukan dari saya tapi saya akan berusaha menjawabnya. saat ini saya jual singer, messina dan jaguar, bu. dan jarang yang beli dari saya. kustomer atau yang beli dari saya jarang ada yang komplain atau bertanya ke saya, paling 1 atau 2 atau 3 orang saja, pokoknya bisa dihitung dengan jari. tapi anehnya, yang tidak beli dari saya, banyak yang komplain atau bertanya kepada saya, baik lewat blog ini atau email atau sms atau telpon atau whatsapp, dan lebih anehnya lagi saya mau menjawabnya.

    maaf, sebelumnya, bu, karna ibu dapat bonus "curhat dari saya".

    langsung saja, ini jawabannya: tolong periksa "width stitch control nya" atau "pengatur lebar jahitan nya" mungkin bergeser atau berpindah tempat angkanya, standarnya atau normalnya adalah di angka nol.


    rudi mesin jahitku
    www.ahlimesinjahit.blogspot.com karena informasi bisa begitu berharga nilainya, bahkan sangat berharga.

    ReplyDelete
  44. permisi sy mau tanya,,,
    sy lg belajar menjhit n ru bs beli mesin jahitnya yang mini ,, mesin mini portable type S2... pdhal sy tidak mengutak atik mesinnya tp ko sekarang tdk bs untuk menjahit ya? benangnya tidak saling mengait... sy tdk tahu kenapa,, mohon bantuannya terima kasih

    ReplyDelete
  45. @ibu etti: maaf, ibu, saya tidak bisa menjawabnya di sini. jika ibu mau mendapatkan penjelasannya bisa email ke: mesin.jahitku@gmail.com

    saran saya bagi yang lain, jika mau belajar menjahit tapi dananya terbatas, lebih baik beli mesin jahit hitam yang bekas tapi masih bagus kondisinya.

    www.ahlimesinjahit.blogspot.com

    ReplyDelete
  46. selamat malam...saya Neni
    maaf mau bertanya mengenai mesin obras.
    Mesin obras saya butterfly benang 3, baru.
    Permasalahan yang serting terjadi adalah :
    - obrasan lompat, kadang nyambung rapi, kadang tidak nyangkut di kain (tidak menganyam untuk jarak berapa cm)
    - sering juga saat dicoba tanpa kain , anyaman bagus dan rapi. begitu dicoba memakai kain tidak membentuk anyaman....seperti benang tidak nyanthol di kain.

    Sudah saya lakukan : seting ulang benang, ganti jarum merk organ, mengencangkan sekrup2 ...
    Kira2 permasalahannya apa ya pak? terimakasih

    ReplyDelete
  47. @bu neni: bisa jadi setting timing dari mesin obrasnya tidak betul, hanya teknisi mesin obras yang dapat memperbaikinya.

    www.ahlimesinjahit.blogspot.com

    ReplyDelete
  48. salam kenal,
    dikantor saya ada mesin singer futura, saya mau coba untuk membordir menggunakan mesin tsb, pada saat gigi mesin saya turunkan, dan saya mau coba membordir ternyata harus ada koneksi ke pc/laptop. Kemudian saya batalkan untuk tidak jadi membordir, ketika gigi mesin saya ubah untuk naik kok tidak bisa ya?? alhasil gigi mesin tetap berada dibawah dan tidak bisa di gunakan untuk menjahit, karena bahan tidak bisa berjalan... mohon pencerahannya... trims *kondisi mesin masih baru

    ReplyDelete
  49. Selamat malam. Mau tanya, saya baru saja membeli mesin jahit portable mini s2 karena saya masih sangat pemula dalam menjahit. Pertama menjahit saya menarik kain terlalu keras sehingga jarum pun patah, saya sudah ganti baru tapi ketika mencoba jahit kembali benang tidak mau menyatu dengan kain. Menurut saya kesalahan ada pada pemasangan sekoci bagian bawah jarum. Yang ingin saya tanyakan, bagaimana pemasangan sekoci bagian bawah tersebut yang benar?? Terima kasih.. :)

    ReplyDelete
  50. Assalamualaikum salam kenal saya irfan dari bogor. Maaf saya mau tanya. Saya ada mesin obras yamata fy747 overlock. Bagaimana cara melebarkan jarak obrasnya ya...mks

    ReplyDelete
  51. Selamat siang Kak Mesin Jahitku,,

    Saya mau tanya, mesin jahit mini s2 saya tidak bisa dijalankan, sepertinya karena jarum menabrak sekocinya ketika turun, penyebabnya kenapa ya? padahal sebelumnya masih lancar digunakan. lalu bagaimana cara memperbaikinya, perlukah saya bongkar skrupnya? dan apakah ga akan rusak kalau saya utak-atik?

    Sory kalau saya banyak tanya, terima kasih :)

    ReplyDelete
  52. @julaiana lim, amelia aji: di blog saya ini, saya tidaka menangani mesin jahit mini. Blog ini khusus mesin portabel dan multifungsi.

    @abdul qadir: saya tidak paham soal yamata karena mesti lihat terlebih dahulu mesinnya karena yang biasa saya lihat adalah mesin obras singer dan jaguar.

    @indri: mungkin masih salah cara menaikkan giginya atau langkah jahitan mesinnya di nol. jika langkah jahitan mesinnya di nol, kain juga tidak bisa berjalan ketika dijahit.

    Saya menawarkan mesin jahit, mesin obras dan mesin bordir Singer, Messina dan Jaguar dengan training yang lebih baik dan service terjamin serta bonus yang sangat menarik dan bermanfaat.

    Rudi mesin jahitku

    ReplyDelete
  53. Pleaseeeee banget sayaaa urgent harus mengerjakan tugas saya tadi ga apa apa tiba tiba mesin singer nya ga jalan pedahal jika diinjek pedal mesinnya bunyii nyala kaya starter mobil tapi ga jalan tapi jarumnya tidak bergerak....please please kenapa ya tolonggggg

    ReplyDelete
  54. @mocimata: kemungkinan karna mode mesin jahitnya masih dalam keadaan mode "nyepul atau gulung benang bawah"

    ReplyDelete
  55. Sore mba dan pak...saya mengeluhkan dgn mesin jahit kecil merek standart...tiap kaki saya menjahit bahan tipis dan kaos selalu ada jahitan lompat..saya memakai jarum jahit nomer 9 yg bungkus hijau...saya setel mesin jahit bagian atas yg tiang jarum jahit....di sebelah kanan ada sekrup tersedia lubangnya...saya turunin ato naikkan...saya berusaha mencoba...dgn harapan jahitan rapi...tapi hasilnya nlom bagus dan cuma minimal kelompatan jahitan kadang satu kadang lebiih.. Yg tanyakan adalah bagaimana memposisikan ato ketepatan antara mata jarum dgn rotasi agar pas.......

    ReplyDelete
  56. Bagaimana cara memasang jarum pada mesin singer kansai 909a dan lubang kancingnya bagaiamana? Terima kasih

    ReplyDelete
  57. @eko: tidak dapat saya jelaskan di sini, lagi pula itu adalah rahasia teknisi mesin jahit.

    @anonymous: saya tidak tahu tentang singer kansai 9092.

    ReplyDelete
  58. Selamat malam, nama sy nana. Sy menggunakan mesin singer 974 tapi knp tidak bisa untuk jarum ukuran lebih besar dari 13 ya Mas. Selain itu akhir2 ini sepatu mesin jahit spt kurang kencang menginjak kain sehingga jahitan berbelok sendiri/mencong2. Mohon bantuannya, terimakasih.

    ReplyDelete
  59. mohon bantuannya, saya pake mesin jahit juki high speed, yang jadi pertanyaan mengapa pada hasil jaitan pada bagian bawah selalu menggulung apakah kekencangan benang kurang tepat?
    mohon bantuannya pak terimakasih

    ReplyDelete
  60. @anonymous: bisa jadi karena kainnya yang tidak cocok, bukan jarumnya. jika tekanan sepatu nya kendor, maka harus dikencangkan, tetapi caranya sulit sekali untuk saya jelaskan di sini dan ibu belum tentu juga bisa mempraktekkannya, karena sulit.

    @alland fajri: bisa jadi karena kekencangan benangnya belum tepat dan bisa juga karena salah pasang benang atas.

    www.servicemesin jahit.com

    ReplyDelete
  61. Pagi...salam kenal sy dr kediri. Mau tny nih...saya pake mesin tipe lama singer 15cd. Mau pake benang jeans atas dan bawah...sdh coba setting atas dn bwh tp tetap gak bisa. Pdhal yg atas sdh ngepol n yg bwah sampe longgar...tp jahitan bagian bwh kain masih kendor. Bagaimana caranya spy benang bagus lg...trmksh ya.

    ReplyDelete
  62. @pak Yasson: (1) mungkin bapak belum paham tentang cara pasang benang atas dan bawah yang benar, (2) mungkin ada bagian dari mesin jahitnya yang tidak benar atau rusak, misalnya: tension, sekoci, atau yang lainnya.

    ReplyDelete
  63. maaf mas, sy mengalami masalah pd mesin jahit. sy kebetulan order mesin jahit portable sewing via online.. wkt melihat hasil contohnya bagus hasil jahitannya.setelah sy coba teruskan jahitannya ternyata terputus-putus dan akhirnya tdk saling kait antara benang atas dan benang baawah.sdh beberapa kali sy ganti jarumnya tetap tdk ada perubahan.akhirnya sy bongkar, melihat dalamnya. dalamnya terlihat baik2 saja... stlh sy tutup kmbli trnyt tmbh nyangkut jarumnya macet tdk mau jalan...sptnya 'tersandung' di skoci shg tdk bs bergerak ke depan. mohon solusinya mas. terima kasih

    ReplyDelete
  64. @ibu yayuk: segera, bu, segera komplain pada penjualnya. minta pertanggung jawabannya. kalo dia tidak mau bertanggung jawab, segera laporkan saja di facebook atau blog atau lainnya, kalo perlu lapor ke polisi. ibu jangan takut dan ragu - ragu. jangan takut digertak sama mereka. kebanyakan toko mesin jahit di indonesia masih kecil - kecil kok, belum mempunyai perlindungan hukum yang cukup kuat. Saya saja minta perlindungannya kepada Allah, agar toko saya dilindungi dari calon pembeli yang jahil, iseng, bodoh, dilindungi dari penipuan, pemerasan, dan keburukan lainnya.

    ReplyDelete
  65. mohon bantuanya,saya beli mesin jahit sewing tapi benangnya putus bagaimana cara menyambungkanya lagi ya??trimakasih

    ReplyDelete
  66. mohon bantuanya,saya membeli mesin jahit sewing tapi benangnya putus bagaimana cara menyambungkanya lagi yah??terima kasih

    ReplyDelete
  67. @andini: cara menyambungnya adalah dengan cara mengikat kedua ujung benang yang putus tersebut. jika masih sering putus juga, andini bisa menelepon toko yang menjual mesin tersebut, tanyakan: kenapa ya mesin jahit saya benangnya sering putus. jangan ragu - ragu untuk menelponnya. segera. khawatir mesin jahitnya tambah rusak. jika toko tersebut tidak mau tanggung jawab, bikin statusnya saja tentang toko tersebut di fb, twitter, pinterest, dll nya. jangan mau dibohongi orang. sudah seharusnya toko tersebut bertanggung jawab.

    kalo saya mah, bukan penjualnya. mesin yang saya jual saja belum laku - laku untuk apa saya urusin urusan orang.

    hanya itu, yang bisa saya jawab, jika ada kekurangan atau kesalahan saya minta maaf.

    terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya.

    ReplyDelete