Blog Mesin Jahit Pertama di Indonesia


Perkenalkan, saya Rudi, mantan service engineer Singer Indonesia, mempunyai pengalaman dan keahlian dalam memperbaiki dan memberikan training mesin Singer.

Saya adalah pembuat dan penulis posting pada blog ini.

Melalui blog ini saya menjual mesin jahit, mesin obras dan mesin bordir komputer portable merk Singer, Messina dan Jaguar.

Saya juga menerima service mesin jahit, mesin obras dan mesin bordir komputer portable dari berbagai merk dan tipe. Elektrik, digital dan komputer.

Selama saya bekerja di bidang ini saya telah memperbaiki berbagai mesin, hampir sekitar 400 mesin telah saya perbaiki dari berbagai merk dan tipe.

Dalam blog ini saya menulis review berbagai produk mesin Singer, Messina dan Jaguar secara lebih lengkap.

Terima kasih kepada yang telah berkunjung ke blog saya dan membaca postingnya serta memberikan komentarnya.

Terima kasih sebesar - besarnya dan hormat saya kepada yang telah membeli mesin dari saya.

Blog Mesin Jahitku sejak mei 2007.


Service: Repair With Solution
Training: Make You More Understand About Sewing Machine
Sale: Good In Service, Training, Price And Bonus



Singer Is American Technology, Singer Since 1851, First And Number 1 In The World

Garansi Service 2 Tahun

Bonus: petunjuk - petunjuk rahasia agar mesin jahit anda menjadi awet dalam penggunaannya sehingga bisa menghemat biaya service dan biaya kerusakan serta menghemat waktu.

Cara kerja mesin jahit





Pergerakan mesin jahit atau cara kerja mesin jahit dapat dipelajari dengan mempelajari ilmu Kinematika.
Ilmu Kinematika merupakan landasan ilmu dari prinsip atau cara kerja mesin jahit.
Ilmu Kinematika adalah ilmu yang mempelajari tentang gerak benda tanpa memperhitungkan penyebab gerak atau perubahan gerak.

Mesin jahit elektrik portable digerakkan oleh motor listrik yang dikendalikan dengan foot controller. 
Motor listrik yang biasa digunakan pada mesin jahit ini adalah motor listrik asinkron.
Motor listrik ada 2 macam :

1.    motor listrik sinkron
2.    motor listrik asinkron

Kenapa motor listrik asinkron?
Karena kecepatan motor ini dapat diatur dengan mengubah nilai resistansi pada foot controller, yang mengakibatkan nilai tegangan atau arus pada motor berubah.
Motor listrik ini dihubungkan ke handwheel mesin jahit melalui drive belt.
Ketika kita menginjak foot controller, motor bergerak berputar memutar hand wheel.
Perputaran hand wheel ini mengakibatkan :

1.    needle bar, yang membawa jarum, turun naik.
2.    hook bergerak berputar.
3.    feed dog bergerak mundur di atas (terlihat di luar needle plate) dan bergerak maju di bawah (tidak terlihat di dalam needle plate).

Jarum membawa benang atas, hook mengambil benang atas yang dibawa oleh jarum untuk dipertemukan atau dikaitkan dengan benang bawah, sedangkan feed dog menggerakkan kain.
Pertemuan jarum dengan hook ini di bawah kain membentuk jahitan.

Pertemuan jarum dengan hook secara tepat disebut Timing (baca: taiming - istilah dalam mesin jahit).
Begitulah proses sederhana terbentuknya jahitan atau cara kerja mesin jahit.
Semoga menambah pengetahuan anda tentang mesin jahit dan menambah kepercayaan anda kepada bengkel mesin jahit kami.

*Untuk menghubungi mesin jahitku: (021)28919748 dan 081510796601.

11 comments:

  1. saya suka penjelasan yang anda tulis di sini,sangat membantu para pemula tuk belajar menjahit

    ReplyDelete
  2. saya masih belum paham, bisakah diperjelas lagi. Terima kasih.

    ReplyDelete
  3. saya periksa di data statistik blog saya, posting ini yang paling banyak dilihat orang. Subhanallah. Ternyata banyak orang yang ingin tahu cara kerja mesin jahit. Tidak banyak orang yang mengerti dan dapat memperbaiki mesin jahit, saya saja kerap kali banyak yang meminta untuk memperbaiki mesin jahitnya. Saya pernah dibayar rp 500.000,- karna berhasil memperbaiki mesin jahit digital juki asli jepang. Teknisi mesin jahit tidak begitu banyak. Saat ini kebanyakan teknisi handphone. Saya akan berusaha untuk meng-update atau membuat posting ini lebih jelas, insya Allah.

    ReplyDelete
  4. bisa jelasin gimana memperbaiki mesin jahit?
    penyakitnya :
    * benang kadang putus
    * jahitan gak kencang, benang atas lurus dan bisa di tarik, benang bawah yg menonjol keatas
    * jahitan bekerut,

    Makasih atas penjelasannya

    ReplyDelete
  5. mhn solusi jika mesin jahit merk riccar tidak mau berputar

    ReplyDelete
  6. benang kadang putus: bisa disebabkan karena masih salah dalam memasang benang, bisa juga ada sesuatu yang tajam yang dilewati oleh benang ketika benang begerak, bisa juga ada tersangkut sesuatu, dll

    jahitan gak kencang: masih salah dalam memasang benang, salah dalam setting awal mesin jahit, dll

    jahitan berkerut: salah dalam masang benang (benang terpasang terlalu kencang, bahan terlalu tipis, gigi (feed dog) dan sepatu dalam menjepit kain settingannya kurang tepat, dll


    tidak mau berputar: pastikan tegangan listrik masuk ke catu mesin, pastikan besar tegangannya sesuai dengan tegangan yang harus masuk ke mesin, apakah terdengar suara motornya?, apakah terlihat berputar motornya?, mungkin macet, mungkin belt nya putus, mungkin motor atau dinamonya rusak, dll

    ReplyDelete
  7. Bapak Teknisi Mesin Jahitku yang terhormat.....
    Saya pengguna mesin jahit Riccar sudah 2 tahun lebih tidak ada masalah, dua hari yang lalu hasil jahitan loncat-loncat. Bagaimana cara mengatasinya ?

    ReplyDelete
  8. Salam kenal dari Rajinrapi tailor Nganjuk.sy ingin bertanya,apakah anda tahu alamat suku cadang msn jahit RICCAR? trima kasih...

    ReplyDelete
  9. @anonymous: apakah sudah diganti jarumnya dengan yang baru? apakah ada perubahan pada tensionnya sebagai pengatur daya tarik benang? Bisa juga karena mekanik timingnya berubah jadi mesti dibawa ke tukang service dan ibu akan sangat sulit memperbaikinya sendiri untuk masalah timing ini.

    @sentot: wah, bapak mertua saya juga orang nganjuk, dia seorang TNI dari kostrad. maaf, saya tidak tahu tempat beli spare part riccar.

    terima kasih atas kunjungannya.

    ReplyDelete
  10. Saya punya mesin jahit singer yang classic roda atasnya tidak mau berputar penuh (ada yang mengganjal saat roda atas berputar), mesin jahit sudah diberi minyak mesin tapi tetap tidak mau berputar penuh, mohon solusinya untuk mengatasi masalah ini

    ReplyDelete
  11. @dian: jika ada yang mengganjal atau macet, itu bisa terjadi di berbagai bagian mesin jahitnya, bu. Sulit bagi saya untuk menjelaskan tiap bagian mesin jahit. Silakan ibu cek satu per satu dari bagian mesin jahitnya, mungkin ada benda asing yang mengganjal di situ.

    Rudi mesin jahitku

    www.ahlimesinjahit.blogspot.com

    ReplyDelete