Blog Mesin Jahit Pertama di Indonesia


Perkenalkan, saya Rudi, mantan service engineer Singer Indonesia, mempunyai pengalaman dan keahlian dalam memperbaiki dan memberikan training mesin Singer.

Saya adalah pembuat dan penulis posting pada blog ini.

Melalui blog ini saya menjual mesin jahit, mesin obras dan mesin bordir komputer portable merk Singer, Messina dan Jaguar.

Saya juga menerima service mesin jahit, mesin obras dan mesin bordir komputer portable dari berbagai merk dan tipe. Elektrik, digital dan komputer.

Selama saya bekerja di bidang ini saya telah memperbaiki berbagai mesin, hampir sekitar 400 mesin telah saya perbaiki dari berbagai merk dan tipe.

Dalam blog ini saya menulis review berbagai produk mesin Singer, Messina dan Jaguar secara lebih lengkap.

Terima kasih kepada yang telah berkunjung ke blog saya dan membaca postingnya serta memberikan komentarnya.

Terima kasih sebesar - besarnya dan hormat saya kepada yang telah membeli mesin dari saya.

Blog Mesin Jahitku sejak mei 2007.


Service: Repair With Solution
Training: Make You More Understand About Sewing Machine
Sale: Good In Service, Training, Price And Bonus



Singer Is American Technology, Singer Since 1851, First And Number 1 In The World

Garansi Service 2 Tahun

Bonus: petunjuk - petunjuk rahasia agar mesin jahit anda menjadi awet dalam penggunaannya sehingga bisa menghemat biaya service dan biaya kerusakan serta menghemat waktu.

Jarum mesin jahit






Jarum adalah salah satu komponen atau part terpenting dalam penggunaan mesin jahit, sifatnya consumable.
Jarum merupakan part mesin jahit yang sering diganti, biasanya jarum diganti karena bengkok atau tumpul.
Dalam hal kerusakan mesin jahit, seperti tidak terbentuknya jahitan dengan baik, biasanya kondisi jarum terlebih dahulu yang di-cek.
Dan sebelum menggunakan mesin jahit, biasanya kondisi jarum di-cek terlebih dahulu.
Alasan yang paling utama seorang penjahit dalam memilih sebuah jarum yang akan digunakan adalah tergantung dari jenis bahan pakaiannya dan fungsinya.
Jarum itu bermacam – macam jenisnya, biasanya ditandai dengan nomor seri yang tercantum pada pembungkusnya atau jarum itu sendiri.
Untuk mesin jahit portable, saya biasa menggunakan jarum mesin jahit dengan nomor 11, 13, 14 dan 16 (dengan kode 2020).
Tapi saya lebih sering menggunakan jarum nomor 14 karena jarum tersebut standar.
Nomor 11 bukanlah jarum terkecil tapi sudah cukup terkecil untuk sebuah mesin jahit portable, jarum ini memiliki ujung yang lebih kecil dibandingkan dengan nomor lainnya, sehingga cocok untuk menjahit bahan yang tipis dan teksturnya rapat.
Nomor 16 bukanlah jarum terbesar tapi sudah cukup terbesar untuk sebuah mesin jahit portable, jarum ini memiliki ujung yang lebih besar dibandingkan dengan nomor lainnya, sehingga cocok untuk menjahit bahan yang tebal dan teksturnya kurang rapat.
Ada pula jarum emas, fungsinya untuk menjahit bahan rajut (dengan kode 2045).
Jarum lainnya adalah jarum bordir (dengan kode 2001), digunakan pada mesin bordir komputer portable, contohnya: pada mesin bordir Singer tipe Futura CE-250, Singer tipe XL-5000 dan Singer tipe XL-6000.
Jarum bordir ini dapat juga digunakan untuk menjahit.
Ada pula jarum yang khusus hanya untuk membordir saja dan biasanya hasil bordirnya lebih bagus dan rapih tapi jarum ini tidak dapat digunakan untuk menjahit.
Lainnya adalah wings needle (jarum bersayap) dan jarum ganda.

*Perbedaan dari bentuk lubang benang pada ketiga jarum tersebut dapat dilihat pada gambar di atas: (A) jarum emas, (B) jarum standar dan (C) jarum bordir.

*Gambar (1) adalah gambar jarum ganda.

*Gambar (2) adalah gambar jarum bersayap (wings needle).

*Gambar (3) adalah gambar jarum singer standar, kita menjual jarum mesin jahit tersebut.

 
*Untuk menghubungi mesin jahitku: (021)28919748 dan 081510796601.

11 comments:

  1. thanks for mesin jahitku, saya beli singer 7465 di mesin jahitku lalu dicarikan wings needle. Hasil dari wings needle benar - benar lain dari hasil jahitan jarum standar. Good.

    ReplyDelete
  2. sore...
    dimana ya sy bisa mendapatkan jarum ganda n harganya berapa?
    thx

    wike

    ReplyDelete
  3. @wike: silakan hubungi saya lewat email atau phone. Phone: 021 28919748.

    Thank you.

    ReplyDelete
  4. kalau jarum ganda, bisa ga sih dipasang di messina yang L21? thanks ya :)
    oiya apakah jual sepatu juga?thx

    ReplyDelete
  5. jarum ganda bisa ga dipasang di mesin jahit singer yang lama..??

    ReplyDelete
  6. kalo buat benang nylon pake jarum jenis apa ya?

    ReplyDelete
  7. Mas jual jarum singer 2032 untuk jait kulit, Dan jika saya ingin jahit kulit sintetis atau kulit sapi Apakah perlu mengganti kakinya Dan Apakah ada benang khusus untuk menjahit kulit ,Terimakasih atas penjelasannya...

    ReplyDelete
  8. Mesin jahitku Klau mau Beli jarum singer type 2032 utk jahit kulit sintetis ataupun kulit asli Apakah harus mengganti benang Dan kaki mesinnya ?

    ReplyDelete
  9. @all: maaf, baru balas, saya terlewat baca posting ini, jadi tidak tahu jika ada yang bertanya.

    @sukie: mesin jahit PORTABLE merk apa pun, bisa menggunakan jarum ganda, asalkan untuk jahit lurus. Mesin jahit yang hitam pun bisa menggunakan jarum ganda asalkan untuk jahit lurus dan kita bisa settingnya. Penggunaan jarum ganda pada mesin jahit elektrik harus berhati - hati karena jarum ganda lebih mudah menubruk needle plate jika kita salah setting. Pada mesin jahit digital singer terdapat tombol proteksi terhadap penggunaan jarum ganda atau tombol pengaman.

    @all: INGAT JARUM GANDA LEBIH MUDAH MENUBRUK NEEDLE PLATE JIKA SALAH SETTING.

    @anonymous: untuk mesin jahit portable merk apapun dan mesin jahit hitam bisa menggunakan jarum ganda, asalkan untuk sekedar jahit lurus dan tahu cara settingnya.

    @nugroho: dalam pemilihan benang tidak berhubungan dengan pemilihan jarum. Pemilihan jarum berhubungan atau berdasarkan pemilihan kainnya.

    @all: perhatian, jarum mesin jahit portable berbeda dengan jarum mesin jahit industri atau high speed.

    @naomi: saya belum tahu, apakah ibu naomi menggunakan mesin jahit portable atau mesin jahit high speed/industri? Saya anggap pakai mesin jahit portable. Saya tidak menjual jarum tersebut dan setahu saya, distributor tunggal singer juga tidak menjualnya. Coba pakai jarum standar terlebih dahulu, kodenya 2020, saya menjualnya. Tidak perlu ganti sepatu, pakai sepatu standar atau multifungsi saja. Pemilihan benang berdasarkan warna yang bersesuain dengan warna kain, rasa kecocokkan dan kekuatan. Benang yang diameternya lebih besar, lebih kuat, untuk jenis bahan pembuat benang yang sama.

    ReplyDelete
  10. saya melakukan neci pada kain tapi benang menggulung pada jarum neci..apa solusinya...terimakasih.

    ReplyDelete